Tuesday, November 1, 2011

Video Pembelajaran dengan Windows Movie Maker

Tahun 2003 saya pertama kali membuat karya editing Video, dan itu saya buat dengan Windows Movie Maker. Saya membuatnya dari kumpulan foto yang kemudian saya bubuhi musik untuk mengatur timing dan emosi dari gambar yang saya tampilkan. Rasanya sangat senang, karena keinginan mengedit akhirnya kesampaian juga walaupun saat itu bermodal komputer pinjam ke teman kost...
Namun kemudian justru Adobe Premierelah yang sampai sekarang menjadi andalan saya untuk menyelesaikan pekerjaan Editing Video.

Beberapa saat yang lalu saya membeli HXRMC 1500P Sony Camera, gambarnya bagus dan dalam kondisi lowlight cukup bisa diandalkan ketebalan warnanya. Tapi masalah justru muncul pada saat Editing, Adobe Premiere CS 4 ternyata tidak support terhadap file berekstensi M2TS dari file digital video MC 1500P sehingga akhirnya harus belajar lagi Edius 6 yang support.

Dua Minggu yang lalu saya mencoba iseng menjajal Windows Movie Maker untuk mengedit file yang saya setting qualitas gambar ke  standar dari Sony  MC 1500P. Ternyata saya cukup terkejut, Windows Movie Maker bisa membacanya. Mulailah eksplorasi terhadap Windows Movie Maker saya lakukan, dan masih belum paham semuanya. Tetapi ada sedikit yang mungkin bisa dishare, bahwa Windows Movie Maker patut diperhitungkan dan cukup mudah untuk dipelajari, walaupun tentu saja ada beberapa keterbatasannya juga. Saya mencoba membuat tutorial Offlinenya dalam bentuk pdf untuk rekan-rekan guru MGMP Bahasa Jawa Kab. Purbalingga, peserta workshop Kreativitas Pembelajaran Bahasa Jawa. Semoga juga bisa bermanfaat untuk yang lain.

Download Tutorial Membuat Video Pembelajaran dengan Windows Movie Maker Print this post

2 comments:

Sukajiyah said...

saya terbiasa menggunakan WMM utk edit video karena keterbatasan saya dalam belajar edit video, mudah, simpel tidak ribet..

semoga seni said...

wah kalau begitu nanti saya kalau ada trouble bisa
dibantu bu Suka...saya baru belajar seminggu
sebelum Tot kemarin itu bu...saya malah lg tertarik
dg WMM karena ternyata Premiere Cs4 sementara
tidak bisa membantu kerjaan saya...kalau lebih
mudah, kayaknya mudah Premiere bu...saya dulu pilih
premiere karena mudah dan pengaturannya manual banget
tp sekarang lg belajar WMM karena Pemiere tdk support fi
file video dari kamera saya...

Post a Comment

 

Copyright © 2009 rupa kampung Designed by csstemplatesmarket

Converted to Blogger by BloggerThemes.Net
BacktoTopRN