Thursday, September 15, 2011

Cukil Kayu Escher

Escher merupakan seniman grafis Belanda yang terkenal membuat perspektif dengan beberapa titik lenyap sehingga menimbulkan illusi. Dalam karya ini Escher menggambarkan ruang kosong background sebagai sebuah obyek baru, sehingga jika diamati
Karya Escher yang berjudul Sky and Water tersebut tampak ada dua buah figur yaitu figur ikan dan figur burung yang sedang melayang terbang. Pantas saja karya Eshcer  yang menggunakan teknik Cukil Kayu (woodcut) ini diberi judul Sky and Water.

Seperti kita ketahui, Woodcut merupakan salah satu jenis teknik dalam berkarya Grafis Cetak Tinggi (Relief Print). Bagian yang tercetak sebagi image pada permukaan kertas/kanvas adalah bagian yang tinggi/ menonjol.

Escher dikenal  seorang seniman yang ampuh dalam menciptakan ilusi disamping ia adalah seorang ahli matematika, sehingga mungkin hal ini melatarbelakangi konsep karya-karyanya yang  penuh perhitungan. Karyanya menjadi bahan pembicaraan  dalam studi fisika, matematika,  psikologi dan ilmu seni ilusi! Karya-karya Escher  kendati terkesan membingungkan dan penuh illusi  tapi keindahannya  tidak diragukan.
Print this post

2 comments:

Anonymous said...

halo nama saya evi, saya sedang skripsi tentang karya
sastra yang dibuat berdasarkan karya grafis m. c. escher
dan saya sekarang sangat butuh info tentang karya escher.
bisa bantu saya?? kebetulan saya dari jurusan sastra,
bukan grafis jadi saya gak ngerti harus cari infonya ke mana.
tolong hub saya kalau bisa bantu ya: 08561341813.
atau email ke selviaevi@hotmail.com
makasi.

rupakampung(an) said...

halow jg Evi...terimakasih telah mampir ke blog saya...KEbetulan pas jaman saya kuliah di ISI Yogya saya sering melihat karya Escher. KAlau Mba Evi tinggal di Kota Yogya mungkin untuk mencari literaturnya, bisa main ke Perpustakaan ISI Yogya Jl. Parangtritis Km 6,5 Yogyakarta. Disana banyak sekali buku Luarnegeri yang menulis tentang Escher dan mungkin juga beberapa teman alumnus ISI ada yang pernah menulis sebagai kajian atau referensi dalam karta tulis mereka jenjang S1 atau pun S2/S3. Semua dapat dilihat di perpustakaan ISI Yogya. Biasanya orang Luar (bukan mhs ISI) juga boleh pinjam, nanti bisa bikin kartu peminjaman dan dapat memfotokopi atau mba Evi membawa Kamera digital untuk "menscan" teks dan gambar yang diperlukan. Atau Mba Evi juga bisa mencoba kontak dengan dosen saya, namanya dr. Suwarno Wisetrotomo. Beliau Dosen Kritis Seni di ISI, orangnya enak diajak ngobrol. Bisa di lihat di Face book : http://www.facebook.com/profile.php?id=100001804144837 Demikian yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat...

Post a Comment

 

Copyright © 2009 rupa kampung Designed by csstemplatesmarket

Converted to Blogger by BloggerThemes.Net
BacktoTopRN